Day 2 – Daur Ulang Sampah Botol (Kegiatan Luar Kelas CB Kewarganegaraan Daur Ulang Sampah)

Monica Charisthea 20015587473

Winnie Rusli 2001538931

Wilson Johanes 2001537292

Chatarina Dwiyandani P. 2001543736

Salma Putri W. 2001561165

Prameswari Kusumaningrum 2001618711

 

Pertemuan 2 ( Senin, 27 Maret 2017 09:00 – 11:30 ) :

Present : Winnie Rusli, Salma Putri W. Prameswari K., Chatarina Dwiyandani, Monica Charisthea, Wilson Johanes

Absent : –

 

Kegiatan daur ulang sampah bertempat di Depo sampah Tzu Chi di Cengkareng. Pada awal kegiatan kami diberitahukan cara – cara dalam melakukan barag siap di daur ulang yaitu berupa botol bekas. Dimana botol bekas sendiri masih harus dibersihkan sampai tidak memiliki apapun lagi selain botol tersebut dan juga dipilah untuk botol yang berwarna dan tidak.

 

Photo by Monica Charisthea

 

Botol – botol akan dilepaskan plastik mereknya dan dicabut ring segel tutup beserta tutupnya. Setelah itu, botol – botol yang masih memiliki air akan dibuang di satu tempat. Botol – botol yang siap di daur ulang harus juga diremas hingga berbentuk keripik atau kepingan agar dalam prosesnya dipermudah.

 

Photo by Wilson Johanes

 

Kegiatan yang berdurasi sekitar 150 menit ini membuka mata kita dimana kita melihat banyak sekali botol – botol yang masih berisikan banyak air hingga setengah botol. Banyak orang di luar sana yang kekurangan air untuk minum. Kita juga sempat menemukan adanya sedotan, tissue, hingga kertas di dalam kemasan botol tersebut yang harus dipisahkan karena memiliki bahan yang berbeda dari plastik botol.

Photo from Google

Begitu banyak sampah botol yang ada disana. Sampah tersebut diterima dari tempat – tempat pertemuan / meeting, sampah rumah tangga yang telah dikumpulkan, dan sampah dari orang-orang yang menyumbangkan langsung ke tzu chi.

Photo by Salma Putri W.

Saat pembersihan botol-botol tersebut kami memiliki sedikit kesulitan karena merek tempel yang terbuat dari kertas yang telah menyatu dengan botol sehingga kami harus menggaruk kertas tersebut dengan cutter agar kertas tersebut dapat terlepas dari botol tersebut.

Photo by Monica Charisthea

Dari kegiatan awal ini kita mendapatkan pelajaran bahwa kita jangan menyia-nyiakan air, serta sebaiknya kita pun memilah-milah sampah kita sebelum kita membuangnya ke tong sampah yang memiliki pembagian atas sampah. Dari semua itu, lebih baik lagi jika kita membawa tempat minum ( botol minum ) kita sendiri untuk mengurangi jumlah sampah plastik botol yang ada. Membawa botol minum sendiri telah mengurangi penggunaan sampah botol plastik kemasan.

Photo by Staff

Video:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *