Day 3 – Daur Ulang Sampah Gelas Air Mineral (Kegiatan Luar Kelas CB Kewarganegaraan Daur Ulang Sampah)

Monica Charisthea 20015587473

Winnie Rusli 2001538931

Wilson Johanes 2001537292

Chatarina Dwiyandani P. 2001543736

Salma Putri W. 2001561165

Prameswari Kusumaningrum 2001618711

 

Pertemuan 3 ( Jumat, 31 Maret 2017 09:00 – 11:15 ) :

Present : Winnie Rusli, Salma Putri W. Prameswari K., Chatarina Dwiyandani, Monica Charisthea, Wilson Johanes

Absent : –

 

Di hari ke-2 dalam kegiatan daur ulang ini, kami mendapatkan sampah gelas plastik. Pembersihan sampah gelas plastik lebih mudah daripada pembersihan botol plastik. Sampah gelas plastik dibersihkan dengan cara membuang plastik penutup gelas dan membuang air atau sedotan yang masih ada di gelas tersebut.

Photo by Staff

Dalam pembersihan sampah gelas plastik ini beberapa penutup ada yang memiliki ketidaktepatan pencetakan merek sehingga terdapat warna yang berada di mulut gelas plastik tersebut. Pembersihan yang kami lakukan diharuskan membersihkan hingga tidak ada warna yang ada di gelas plastik tersebut. Sehingga, kami harus membersihkan plastik penutup berwarna yang tersisa di mulut gelas plastik tersebut tanpa harus memotong mulut gelas plastiknya.

Photo By Monica Charisthea

Kegiatan daur ulang pun berlangsung lebih cepat daripada sebelumnya. Gelas – gelas yang tak terhitung jumlahnya telah menggunung setelah kita bersihkan. Begitu banyak sedotan dan tissue tertinggal di dalamnya yang telah kami pisahkan dan taruh di tempat lain. Tidak terbayang bahwa kalau semua sampah gelas plastik ini akan dibakar untuk dihanguskan. Akan ada begitu banyak polusi di udara karena pembakaran tersebut. Memang sebaiknya sampah yang dapat di daur ulang seperti plastik inilah yang seharusnya tetap di daur ulang menjadi barang yang dapat dipakai kembali. Tidak hanya ekonomis namun dapat mengurangi adanya penambahan polusi di udara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *