Day 1 – Survey (Kegiatan Luar Kelas CB Kewarganegaraan Daur Ulang Sampah)

Monica Charisthea 20015587473

Winnie Rusli 2001538931

Wilson Johanes 2001537292

Chatarina Dwiyandani P. 2001543736

Salma Putri W. 2001561165

Prameswari Kusumaningrum 2001618711

 

Pertemuan 1 ( Kamis, 9 Maret 2017 10:00 – 12:15 ) :

Present : Winnie Rusli, Salma Putri W. Prameswari K., Chatarina Dwiyandani, Monica Charisthea, Wilson Johanes

Absent : –

 

Photo by Salma Putri W.

 

Pada mulanya kita berkumpul dan akan melakukan pertemuan dengan pihak Tzu Chi di Tzu Chi Centre PIK. Pertemuan tersebut membahas jadwal 4 pertemuan lainnya yang akan kami lakukan dalam rangka daur ulang sampah.

 

Photo by Wilson Johanes

 

Kami melakukan sukarela daur ulang sampah ini dengan pihak Tzu Chi karena kami mengetahui bahwa Tzu Chi telah melakukan hal ini dari lama dan sudah berpengalaman dengan kegiatannya seperti hidup sederhana serta membantu orang lain.

 

Photo by Wilson Johanes

 

Setelah penentuan jadwal kami disuguhi tur berkeliling Tzu Chi dan kami diberi kisah dari awal Tzu Chi terbentuk oleh Master Cheng Yen. Master Cheng Yen yang dulunya hanyalah orang sederhana yang tinggal bahkan di rumah yang menurut pandangan orang sekarang ukuran rumahnya merupakan ukuran tak layak huni. Tetapi, memang dari situlah Master Cheng Yen berasal dan awal mula dari Tzu Chi yang telah membantu banyak orang tanpa memandang apapun, dan juga kegiatannya yang melestarikan alam kita seperti daur ulang sampah.

Photo by Wilson Johanes

 

Selain dari bantuan – bantuannya tersebut, Master Cheng Yen sendiri pernah berkata “ Pendidik hendaknya menjadi cahaya dalam kehidupan seorang anak, menuntun mereka untuk tahu bersyukur dan berterima kasih, berusaha menyumbangkan cinta kasih dan berjalan di jalan kehidupan yang benar “. Dari hal itu ia mengungkapkannya dengan Tzu Chi yang telah juga membangun sebuah sekolah Tzu Chi sendiri.

Photo by Salma Putri W.

Dari hal tersebut, bahkan Gedung Tzu Chi PIK sendiri telah membawa kita kepada hidup yang membantu satu sama lainnya seperti gedung tersebut memiliki 3 lantai di tiap gedungnya ( ada 3 gedung ) yang digunakan sebagai tempat penginapan bagi yang terkena musibah, terdapat aula besar juga yang digunakan untuk banyak hal, dan Kantin yang menjual barang-barang daur ulang dan menyajikan hidangan vegetarian yang baik untuk kesehatan.

Photo by Salma Putri W.

Video:

https://drive.google.com/open?id=0B68n7rJXjchNZm5FbjFUd0toTmM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *